Beberapa hari ini rekan saya lagi seneng ngobrolin PPC lokal (contoh saja : Idblognetwork, Innity, Sitti), yang kata teman saya sekarang ini PPC Lokal Jarang Menampilkan Iklannya.
Lalu teman saya juga katakan
"Koq bisa ya ada blogger yang katanya berpenghasilan jutaan rupiah dari
PPC lokal, padahal blognya biasa aja?". Untuk pertanyaan yang ini kita
semua tentu tau apa syaratnya:
Yang menentukan penghasilan blog
(dalam hal ini dari PPC lokal) seperti yang saya maksud diatas tidak
lain tidak bukan adalah : Intensitas munculnya iklan serta jumlah klik
iklannya. Itu intinya.
Bagaimana agar klik iklannya banyak sehingga pendapatannya besar pula?
Untuk mendapatkan banyak klik iklan diblog sudah barang tentu kamu harus memiliki blog yang ramai pengunjungnya, kemudian penempatan iklan harus strategis sehingga jumlah pengunjung yang banyak itu bisa dikonversikan dengan (menghasilkan) klik yang banyak pula pada iklan-iklan kamu.
Kemudian, mengapa sekarang ini jarang muncul iklan?
Saya berusaha berbicara kepadanya dengan posisi netral, mulai dari "Itu karena memang saat ini sedang jarang ada pemasang iklan/campaign iklan", atau "mungkin kuota iklan yang harus tampil hari itu sudah habis, jadi blogmu tidak kebagian menampilkan iklan", atau juga "iklan itu diraget untuk blog dengan niche/kategori tertentu yang tidak sesuai dengan konten dalam blogmu".
Saya berusaha berbicara kepadanya dengan posisi netral, mulai dari "Itu karena memang saat ini sedang jarang ada pemasang iklan/campaign iklan", atau "mungkin kuota iklan yang harus tampil hari itu sudah habis, jadi blogmu tidak kebagian menampilkan iklan", atau juga "iklan itu diraget untuk blog dengan niche/kategori tertentu yang tidak sesuai dengan konten dalam blogmu".
Nah, berkembang dari diskusi kecil tersebut, saya dan rekan-rekan sempat melontarkan pertanyaan;
Apakah penyebab perusahaan-perusahaan itu tidak mau lagi memasang iklan melalui PPC lokal?
Apakah penyebab perusahaan-perusahaan itu tidak mau lagi memasang iklan melalui PPC lokal?
Membahas ini sebenarnya butuh
masukan dari si empunya perusahaan pemasang iklan, kemudian juga si
empunya perusahaan PPC, namun sebagai bahan diskusi saja saya dan
rekan-rekan sempat berpikir bahwa, kegagalan target iklan melalui PPC lokal-lah yang menyebabkan perusahaan-perusahaan jadi menghentikan pemasangan iklan. (dengan kata lain mereka males masang lagi iklan via blog). Itu salah satunya.
Nah, mengapa perusahaan-perusahaan/brand itu merasa gagal dalam membidik target iklannya di internet?
Sudah tentu karena belanja/biaya iklan yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan masukan yang diharapkan. Kemudian, bukankah PPC itu membayar cuma jika iklannya di Klik (dikunjungi) oleh pengguna?
Sudah tentu karena belanja/biaya iklan yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan masukan yang diharapkan. Kemudian, bukankah PPC itu membayar cuma jika iklannya di Klik (dikunjungi) oleh pengguna?
Memang benar, namun sekarang ini
telah berkembang isu atau mungkin trend dikalangan blogger bahwa mereka
banyak yang mengakali iklan di blognya, tentunya dengan maksud mendapat
penghasilan besar dari klik yang dihasilkan oleh iklan yang tampil di
blog masing-masing.
Bisa, dengan memodifikasi proxy
misalnya agar tidak terdeteksi melakukan klik sendiri. Kemudian banyak
juga yang menerapkan kerjasama saling klik iklan diblog rekan
seperjuangan ;-), sistemnya dengan perjanjian bahwa masing-masing
blogger dalam jaringan itu akan selalu klik iklan diblogger lain dalam
jaringan mereka. Tujuannya jelas untuk mendapat penghasilan dari klik
iklan diantara mereka.
Kemudian, untuk iklan yang
menggunakan aturan PPA (publisher dibayar jika terjadi action/transaksi)
banyak publisher yang mengakalinya dengan cara seolah-olah benar-benar
terjadi transaksi/action dari tampilan iklannya, bahkan banyak yang rela
menunggu didepan blog masing-masing sambil terus merefesh tampilan
blognya cuma agar tampil iklan untuk kemudian dia klik sendiri (atau mengajak orang lain)
dan melakukan actionnya. Ini jelas akal-akalan. Begitu yang sempat
terlontar dalam diskusi kecil saya dan beberapa rekan kemarin.
Saya tidak mengatakan semua blogger begitu, namun dari sekian ribuan publisher PPC ada yang menggunakan cara cerdas (baca: tidak jujur) seperti itu.
Masih banyak alasan lain mengapa iklan tidak tampil di blog (karena memang tidak ada advertiser),
bisa jadi karena memang perusahaan advertiser itu sudah cukup populer
dengan iklan di media lain selain internet, atau mungkin karena sedang
tidak ada anggaran iklan via online, atau mungkin bisa jadi kecurigaan
kami benar bahwa banyak perusahaan sebagai pemasang iklan yang merasa
sia-sia beriklan melalui para blogger karena apa yang mereka harapkan
jauh dari apa yang mereka belanjakan.
Semua itu hanya asumsi dan
pikiran-pikiran pribadi kami, jadi besar kemungkinannya untuk salah
meski ada kemungkinan juga untuk memiliki nilai kebenaran.
Sebelum mulai meng-adsense-kan blog kamu, tidak ada salahnya jika baca referensi "Membandingkan Iklan PPC, Paid Review, dan Buy/Sell Text Link Iklan PPC, Paid Review, dan Buy/Sell Text Link" dan juga baca ini terlebih dahulu "Keburukan Iklan Adsense untuk Blog".
Posted by 16.19 and have
0
komentar
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar